Aspek
Organisasi & Sumber Daya Manusia
Organisasi
Organisasi adalah sekumpulan orang yang
terdiri dari dua atau lebih dalah suatu wadah
tertentu yang memiliki tujuan yang sama untuk mendapatkan suatu hasil
yang maksimal. Contohnya pada sebuah perusahaan, dimana seorang manager umum
memiliki peranan yang paling tinggi diantara manager keuangan, produksi dll
untuk menumbuhkan nilai jual meningkat dari perusahaan terkait.
Dalam organisasi pun memiliki struktur organisasi, diantaranya :
§ Fungsional,
bentuk organisasi ini adalah pengelompokan sumber daya manusia menurut kesamaan
bidangnya masing – masing. Dimana kekuasaan pimpinan dilimpahkan kepada para
pejabat yang memimpin satuan dibawahnya.
§ Divisional,
bentuk organisasi ini adalah pengelompokan ke dalam suatu divisi yang
dipisahkan berdasarkan kesamaan produk, program atau geografis. Berikut contoh
diagramnya :
§ Matriks,
bentuk organisasi ini adalah tipe yang campuran dimana campuran disini
maksudnya adalah gabungan bentuk suatu struktur organisasi, misal antara
fungsional dan divisional.
§ Tim,
bentuk organisasi ini adalah suatu kelompok yang terbentuk untuk menyelesaikan
tugas khusus.
§ Jaringan,
bentuk organisasi ini adalah sekelompok orang yang bekerja dengan terhubung
secara elektronis dengan organisasi lainnya yang melakukan fungsi-fungsi vital.
ASPEK
PEMASARAN
Pemasaran
Pemasaran adalah proses
perencanaan dan penerapan konsepsi, penetapan harga dan distribusi barang, jasa
dan ide untuk mewujudkan pertukaran yang memenuhi tujuan individu atau
organisasi.
Langkah
Pemasaran
a) Menentukan pasar
sasaran
b) Menciptakan bauran
pemasaran
c) Perencanaan pasar
yang strategis
Perencanaan
Pemasaran
a. Riset Pemasaran
b. Riset Penjualan
c. Sistem Informasi
Pemasaran
d. Peramalan Penjualan
e. Rencana Pemasaran
f. Evaluasi