Game Engine


Game engine ada sejak tahun 90-an adalah perangkat lunak yang bertujuan untuk membuat & mengembangkan video game. Fungsinya disediakan untuk mesin permainan mencakup mesin render ( “renderer”) untuk 2D atau 3D grafis, mesin fisika atau tabrakan (dan tanggapan tabrakan), suara, script, animasi, kecerdasan buatan, jaringan, streaming, manajemen memori, threading, dukungan lokalisasi, dan adegan grafik. Engine bersifat unexecutable (tidak dapat berdiri sendiri) diperlukan sebuah program utama sebagai entry point atau titik awal jalannya program.

Elemen – elemennya :
- Tools/Data (data tambahan)
- System (penghubung untuk ke hardware)
- Console (peubah setting game)
- Support (rumus MTK : vector, matriks, dll)
- Renderer/engine core
- Game Interface (kontrol pada game engine DINAMIS)
- The Game (Inti)

TIPE :
- Mostly-ready game engines (Hemat & cepat)
- Roll-your-own game engine (Gratis dan fleksibel)
- Point-and-click engines (Sangat dibatasi tetapi friendly & efisien)

Contoh :

 Freeware/open source engine (Gratis)
                - DXFramework
    - Ogre (Object-Oriented Graphics Rendering Engine)
    - Sphere
    DLL

 Commercial engines (berbayar)
    -    DXStudio
    -    RPG Maker VX
    -    Vision Engine
    DLL

Kamis, 14 Maret 2013

Game Engine


Game engine ada sejak tahun 90-an adalah perangkat lunak yang bertujuan untuk membuat & mengembangkan video game. Fungsinya disediakan untuk mesin permainan mencakup mesin render ( “renderer”) untuk 2D atau 3D grafis, mesin fisika atau tabrakan (dan tanggapan tabrakan), suara, script, animasi, kecerdasan buatan, jaringan, streaming, manajemen memori, threading, dukungan lokalisasi, dan adegan grafik. Engine bersifat unexecutable (tidak dapat berdiri sendiri) diperlukan sebuah program utama sebagai entry point atau titik awal jalannya program.

Elemen – elemennya :
- Tools/Data (data tambahan)
- System (penghubung untuk ke hardware)
- Console (peubah setting game)
- Support (rumus MTK : vector, matriks, dll)
- Renderer/engine core
- Game Interface (kontrol pada game engine DINAMIS)
- The Game (Inti)

TIPE :
- Mostly-ready game engines (Hemat & cepat)
- Roll-your-own game engine (Gratis dan fleksibel)
- Point-and-click engines (Sangat dibatasi tetapi friendly & efisien)

Contoh :

 Freeware/open source engine (Gratis)
                - DXFramework
    - Ogre (Object-Oriented Graphics Rendering Engine)
    - Sphere
    DLL

 Commercial engines (berbayar)
    -    DXStudio
    -    RPG Maker VX
    -    Vision Engine
    DLL