Game
engine ada sejak tahun 90-an adalah perangkat lunak yang bertujuan untuk
membuat & mengembangkan video game. Fungsinya disediakan untuk mesin
permainan mencakup mesin render ( “renderer”) untuk 2D atau 3D grafis, mesin
fisika atau tabrakan (dan tanggapan tabrakan), suara, script, animasi,
kecerdasan buatan, jaringan, streaming, manajemen memori, threading, dukungan
lokalisasi, dan adegan grafik. Engine bersifat unexecutable (tidak dapat
berdiri sendiri) diperlukan sebuah program utama sebagai entry point atau titik
awal jalannya program.
Elemen –
elemennya :
- Tools/Data
(data tambahan)
- System
(penghubung untuk ke hardware)
- Console
(peubah setting game)
- Support
(rumus MTK : vector, matriks, dll)
- Renderer/engine
core
- Game
Interface (kontrol pada game engine DINAMIS)
- The Game
(Inti)
TIPE :
- Mostly-ready
game engines (Hemat & cepat)
- Roll-your-own
game engine (Gratis dan fleksibel)
- Point-and-click
engines (Sangat dibatasi tetapi friendly & efisien)
Contoh :
Freeware/open
source engine (Gratis)
- DXFramework
- Ogre (Object-Oriented
Graphics Rendering Engine)
- Sphere
DLL
Commercial
engines (berbayar)
- DXStudio
- RPG
Maker VX
- Vision
Engine
DLL