Perbedaan Game Offline & Online


Perbedaan antar Game ini saya akan klasifikasikan dengan cara memberi opini tentang KELEBIHAN dan KEKURANGAN masing – masing game, berikut penjelasannya :

Game Offline

KELEBIHAN
1.  Tidak perlu koneksi ke internet
2.  Memiliki grafis dan alur cerita lebih menarik
3.  Waktu tunggu / Loading lebih cepat
4.  Menambah pengetahuan karena terjadinya proses penginstalan game
5.  Lebih santai waktu memainkannya
6.  Banyak jenisnya
7.  Dapat lebih mengatur waktu
8.  Dapat menyesuaikan game dengan kepribadian& keinginan kita.

KEKURANGAN
1.  Cenderung cepat membosankan
2.  Harus mengeluarkan kocek yg cukup banyak untuk memiliki game baru (jika ingin punya kaset sendiri)
3.  Hanya bisa bermain sendiri

Game Online

KELEBIHAN
1.  Dapat berinteraksi ke pemain lain
2.  Lebih banyak yang pemakaiannya GRATIS dibanding Game Offline
3.  Lebih memiliki tantangan
4.  Memperluas jaringan pertemanan
5.  Dapat bermain secara Group/Team
6.  Tidak cepat membosankan karena UPDATE sering dilakukan oleh pembuat game.


KEKURANGAN
1.  Harus ada koneksi internet
2.  Lebih memakan banyak waktu
3.  Dapat menimbulkan kecanduan bermain terus-menerus tanpa memikirkan hal lain
4.  Boros, jika bermain di Warung Internet
5.  Jenis game terbatas
6.  Cepat out of date.

Dari penjelasan diatas, dapat disimpulkan bahwa penggunaan game jenis online maupun offline memiliki KELEBIHAN & KEKURANGAN-nya masing – masing sehingga kita sebagai pengguna, wajib memilah – milih game apa yang akan kita mainkan agar tidak menyebabkan kita terjerumus ke hal yang negatif terutama JANGAN MENINGGALKAN KEWAJIBAN kita sebagai umat beragama yaitu BERIBADAH!!!!

Game Online & Offline

Game Online

Game Online atau yang biasa disebut dengan  “Permainan Daring” ini adalah permainan yang memanfaatkan internet atau LAN (Local Area Network). Permainan ini sangat mudah didapat karena online game ini disediakan sebagai tambahan layanan dari perusahaan yang bersangkutan atau juga bisa didapat dengan mengakses system dari perusahaan yang memang menyediakan aplikasi tersebut.

Unsur Utama :
1. Client (komputer yg meminta file,sumber daya,atau layanan dari server)
2. Server (komputer yang menghubungkan data di client agar dapat digunakan oleh pengguna internet) 

Tipe :
Simulation games
Ada beberapa jenis permainan simulasi, di antaranya life-simulation games, construction and management simulation games, dan vehicle simulation.

 Massively Multiplayer Online Browser Game
Permainan yang dimainkan pada peramban seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, Opera, atau Internet Explorer.

Massively multiplayer online games (MMOG)
Pemain bermain dalam dunia yang skalanya besar (>100 pemain), di mana setiap pemain dapat berinteraksi langsung seperti halnya dunia nyata.

Massively Multiplayer Online Real-time strategy games'''(MMORTS)
Permainan jenis ini menekankan kepada kehebatan strategi pemainnya. Dalam RTS, tema permainan bisa berupa sejarah (misalnya seri Age of Empires), fantasi (misalnya Warcraft), dan fiksi ilmiah (misalnya Star Wars).

Massively Multiplayer Online First-person shooter games'''(MMOFPS)
Permainan ini mengambil pandangan orang pertama sehingga seolah-olah pemain berada dalam permainan tersebut dalam sudut pandang tokoh karakter yang dimainkan, di mana setiap tokoh memiliki kemampuan yang berbeda dalam tingkat akurasi, refleks, dan lainnya. Contoh permainan jenis ini antara lain Counter Strike, Call of Duty, Point Blank, Quake, Blood, Unreal.

Massively Multiplayer Online Role-playing games'''(MMORPG)
Sebuah permainan di mana pemainnya memainkan peran tokoh-tokoh khayalan dan berkolaborasi untuk merajut sebuah cerita bersama. Contoh dari genre permainan ini Ragnarok Online,The Lord of the Rings Online: Shadows of Angmar, Final Fantasy, DotA.



Game Offline


Game ini adalah jenis permaina yang dapat dimainkan tanpa harus terkoneksi ke internet, tentunya game ini lebih dulu ada sebelum adanya game online. Meskipun game online telah ada, bukan berarti peminat game offline meninggalkan game jenis ini. Karena tentu saja di setiap jenis permainan memiliki kekurangan dan kelebihannya masing – masing. Game offline ini biasanya memiliki alur cerita pada permainannya.

Contoh :
¨    Sailormoon
¨    PES 2013
¨    Avatar
¨    Call of Duty
¨    Resident Evil
¨    Battle Field
¨    Medal of Honor, dan masih banyak lagi..

Game Engine


Game engine ada sejak tahun 90-an adalah perangkat lunak yang bertujuan untuk membuat & mengembangkan video game. Fungsinya disediakan untuk mesin permainan mencakup mesin render ( “renderer”) untuk 2D atau 3D grafis, mesin fisika atau tabrakan (dan tanggapan tabrakan), suara, script, animasi, kecerdasan buatan, jaringan, streaming, manajemen memori, threading, dukungan lokalisasi, dan adegan grafik. Engine bersifat unexecutable (tidak dapat berdiri sendiri) diperlukan sebuah program utama sebagai entry point atau titik awal jalannya program.

Elemen – elemennya :
- Tools/Data (data tambahan)
- System (penghubung untuk ke hardware)
- Console (peubah setting game)
- Support (rumus MTK : vector, matriks, dll)
- Renderer/engine core
- Game Interface (kontrol pada game engine DINAMIS)
- The Game (Inti)

TIPE :
- Mostly-ready game engines (Hemat & cepat)
- Roll-your-own game engine (Gratis dan fleksibel)
- Point-and-click engines (Sangat dibatasi tetapi friendly & efisien)

Contoh :

 Freeware/open source engine (Gratis)
                - DXFramework
    - Ogre (Object-Oriented Graphics Rendering Engine)
    - Sphere
    DLL

 Commercial engines (berbayar)
    -    DXStudio
    -    RPG Maker VX
    -    Vision Engine
    DLL

Definisi GAME Menurut Para Ahli


# ALBERT EINSTEIN
Game adalah bentuk investigasi paling tinggi

# SAMUEL HENRY
Game merupakan bagian tak terpisahkan dari keseharian anak, sedangkan sebagian orang tua menuding game sebagai penyebab  nilai anak turun, anak tak mampu bersosialisasi, dan tindakan kekerasan yang dilakukan anak

# Chris Crawford
Game pada intinya adalah sebuah interaktif, aktivitas yang berpusat pada sebuah pencapaian, ada pelaku aktif, ada lawan anda.

# John Naisbitt
Game merupakan sistem partisipatoris dinamis karena game memiliki tingkat penceritaan yang tidak dimiliki film.

# Ivan C. Sibero
Game merupakan aplikasi yang paling banyak digunakan dan dinikmati para pengguna media elektronik saat ini.

# Menurut Greg Costikyan
Game adalah sebentuk karya seni di mana peserta, yang disebut Pemain, membuat keputusan untuk mengelola sumber daya yang dimilikinya melalui benda di dalam game demi mencapai tujuan.


Definisi GAME



DEFINISI
Pada kamus Bahasa Indonesia juga jika diartikan dalam Bahasa Inggris arti GAME itu sendiri adalah “Permainan.” Sebuah permainan adalah sebuah sistem dimana pemain terlibat dalam konflik buatan, permainan terdapat peraturan yang bertujuan untuk membatasi perilaku pemain dan menentukan permainan. Tujuan game adalah pastinya untuk menghibur pemainnya, selain itu game juga dapat meningkatkan konsentrasi & membantu memecahkan masalah dengan tepat & cepat.

SEJARAH
Pada tahun 1947 adalah tahun pertama di mana game didesain untuk dimainkan dengan layar CRT (cathode ray tube). Game sederhana ini dirancang oleh Thomas T. Goldsmith Jr. dan Estle Ray Mann. Aplikasi ini dipatenkan pada tanggal 14 Desember 1948. Sistem yang dibuatnya terdiri dari 8 vacum tubes dan mensimulasikan peluru ditembakkan pada target, ide ini berasal dari display radar pada Perang Dunia II.

Pada tahun 1952, A.S. Douglas membuat OXO, game grafis noughts and crosses atau nol dan silang, di University of Cambridge untuk mendemonstrasikan tesisnya tentang interaksi komputer dan manusia.

Tahun 1958 menciptakan game Tennis for Two pada osiloskop. Game ini menampilkan lapangan tenis sederhana dipandang dari samping.

Tahun 1972 dirilis perangkat video game pertama untuk pasar rumahan, Magnavox Odyssey, dihubungkan dengan televisi.

Pada awal tahun 1980-an ditandai oleh Nintendo, Kesuksesan LCD genggam ini menciptakan banyak pengikut untuk membuat yang sama dengan mengadopsi game-game popular, awal tahun 1980-an juga ditandai dengan hadirnya media penyimpan CD-ROM yang dalam waktu singkat menjadi populer.

KLASIFIKASI GAME

*  Board Games (Permainan Papan) Game pada katagori ini membutuhkan suatu papan  yang terbagi dalam sektor-sektor tertentu (dengan garis-garis) dan didalamnya terdapat sejumlah alat main yang dapat digerakkan, yang termasuk game dalam katagori ini adalah catur.

*  Card Games (Permainan Kartu) Game ini akan memanfaatkan simbol dari 52 kartu yang terbagi dalam dua faktor : suit (4 nilai) dan rank (13 nilai). Sejumlah ketentuan dibuat untuk mengatur bagaimana cara-cara untuk membuat kombinasi tersebut, yang termasuk game dalam katagori ini adalah permainan kartu bridge/truf.

*Athletic Games (Permainan Atletik) Permainan games jenis ini lebih cenderung pada penggunaan fisik. Peraturan game mewajibkan pemain untuk melakukan aksi tertentu. Kekuatan badan, kecepatan, ketepatan dan kerjasama menjadi bagian utama dari game atletik. Dan lain-lain

GENRE GAME


* First person shooter (sudut pandang orang pertama)

* Fighting (game ini menuntut pemainnya untuk lincah, cepat tanggap)
* Real time strategy (lebih menekankan pada kehebatan strategi pemainnya)
* Adventure (dituntut kemampuan berfikirnya untuk menganalisa sesuatu)
* Edutainment game (untuk tujuan mendidik atau mengenal sesuatu)

Sumber

Jumat, 15 Maret 2013

Perbedaan Game Offline & Online


Perbedaan antar Game ini saya akan klasifikasikan dengan cara memberi opini tentang KELEBIHAN dan KEKURANGAN masing – masing game, berikut penjelasannya :

Game Offline

KELEBIHAN
1.  Tidak perlu koneksi ke internet
2.  Memiliki grafis dan alur cerita lebih menarik
3.  Waktu tunggu / Loading lebih cepat
4.  Menambah pengetahuan karena terjadinya proses penginstalan game
5.  Lebih santai waktu memainkannya
6.  Banyak jenisnya
7.  Dapat lebih mengatur waktu
8.  Dapat menyesuaikan game dengan kepribadian& keinginan kita.

KEKURANGAN
1.  Cenderung cepat membosankan
2.  Harus mengeluarkan kocek yg cukup banyak untuk memiliki game baru (jika ingin punya kaset sendiri)
3.  Hanya bisa bermain sendiri

Game Online

KELEBIHAN
1.  Dapat berinteraksi ke pemain lain
2.  Lebih banyak yang pemakaiannya GRATIS dibanding Game Offline
3.  Lebih memiliki tantangan
4.  Memperluas jaringan pertemanan
5.  Dapat bermain secara Group/Team
6.  Tidak cepat membosankan karena UPDATE sering dilakukan oleh pembuat game.


KEKURANGAN
1.  Harus ada koneksi internet
2.  Lebih memakan banyak waktu
3.  Dapat menimbulkan kecanduan bermain terus-menerus tanpa memikirkan hal lain
4.  Boros, jika bermain di Warung Internet
5.  Jenis game terbatas
6.  Cepat out of date.

Dari penjelasan diatas, dapat disimpulkan bahwa penggunaan game jenis online maupun offline memiliki KELEBIHAN & KEKURANGAN-nya masing – masing sehingga kita sebagai pengguna, wajib memilah – milih game apa yang akan kita mainkan agar tidak menyebabkan kita terjerumus ke hal yang negatif terutama JANGAN MENINGGALKAN KEWAJIBAN kita sebagai umat beragama yaitu BERIBADAH!!!!

Kamis, 14 Maret 2013

Game Online & Offline

Game Online

Game Online atau yang biasa disebut dengan  “Permainan Daring” ini adalah permainan yang memanfaatkan internet atau LAN (Local Area Network). Permainan ini sangat mudah didapat karena online game ini disediakan sebagai tambahan layanan dari perusahaan yang bersangkutan atau juga bisa didapat dengan mengakses system dari perusahaan yang memang menyediakan aplikasi tersebut.

Unsur Utama :
1. Client (komputer yg meminta file,sumber daya,atau layanan dari server)
2. Server (komputer yang menghubungkan data di client agar dapat digunakan oleh pengguna internet) 

Tipe :
Simulation games
Ada beberapa jenis permainan simulasi, di antaranya life-simulation games, construction and management simulation games, dan vehicle simulation.

 Massively Multiplayer Online Browser Game
Permainan yang dimainkan pada peramban seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, Opera, atau Internet Explorer.

Massively multiplayer online games (MMOG)
Pemain bermain dalam dunia yang skalanya besar (>100 pemain), di mana setiap pemain dapat berinteraksi langsung seperti halnya dunia nyata.

Massively Multiplayer Online Real-time strategy games'''(MMORTS)
Permainan jenis ini menekankan kepada kehebatan strategi pemainnya. Dalam RTS, tema permainan bisa berupa sejarah (misalnya seri Age of Empires), fantasi (misalnya Warcraft), dan fiksi ilmiah (misalnya Star Wars).

Massively Multiplayer Online First-person shooter games'''(MMOFPS)
Permainan ini mengambil pandangan orang pertama sehingga seolah-olah pemain berada dalam permainan tersebut dalam sudut pandang tokoh karakter yang dimainkan, di mana setiap tokoh memiliki kemampuan yang berbeda dalam tingkat akurasi, refleks, dan lainnya. Contoh permainan jenis ini antara lain Counter Strike, Call of Duty, Point Blank, Quake, Blood, Unreal.

Massively Multiplayer Online Role-playing games'''(MMORPG)
Sebuah permainan di mana pemainnya memainkan peran tokoh-tokoh khayalan dan berkolaborasi untuk merajut sebuah cerita bersama. Contoh dari genre permainan ini Ragnarok Online,The Lord of the Rings Online: Shadows of Angmar, Final Fantasy, DotA.



Game Offline


Game ini adalah jenis permaina yang dapat dimainkan tanpa harus terkoneksi ke internet, tentunya game ini lebih dulu ada sebelum adanya game online. Meskipun game online telah ada, bukan berarti peminat game offline meninggalkan game jenis ini. Karena tentu saja di setiap jenis permainan memiliki kekurangan dan kelebihannya masing – masing. Game offline ini biasanya memiliki alur cerita pada permainannya.

Contoh :
¨    Sailormoon
¨    PES 2013
¨    Avatar
¨    Call of Duty
¨    Resident Evil
¨    Battle Field
¨    Medal of Honor, dan masih banyak lagi..

Game Engine


Game engine ada sejak tahun 90-an adalah perangkat lunak yang bertujuan untuk membuat & mengembangkan video game. Fungsinya disediakan untuk mesin permainan mencakup mesin render ( “renderer”) untuk 2D atau 3D grafis, mesin fisika atau tabrakan (dan tanggapan tabrakan), suara, script, animasi, kecerdasan buatan, jaringan, streaming, manajemen memori, threading, dukungan lokalisasi, dan adegan grafik. Engine bersifat unexecutable (tidak dapat berdiri sendiri) diperlukan sebuah program utama sebagai entry point atau titik awal jalannya program.

Elemen – elemennya :
- Tools/Data (data tambahan)
- System (penghubung untuk ke hardware)
- Console (peubah setting game)
- Support (rumus MTK : vector, matriks, dll)
- Renderer/engine core
- Game Interface (kontrol pada game engine DINAMIS)
- The Game (Inti)

TIPE :
- Mostly-ready game engines (Hemat & cepat)
- Roll-your-own game engine (Gratis dan fleksibel)
- Point-and-click engines (Sangat dibatasi tetapi friendly & efisien)

Contoh :

 Freeware/open source engine (Gratis)
                - DXFramework
    - Ogre (Object-Oriented Graphics Rendering Engine)
    - Sphere
    DLL

 Commercial engines (berbayar)
    -    DXStudio
    -    RPG Maker VX
    -    Vision Engine
    DLL

Definisi GAME Menurut Para Ahli


# ALBERT EINSTEIN
Game adalah bentuk investigasi paling tinggi

# SAMUEL HENRY
Game merupakan bagian tak terpisahkan dari keseharian anak, sedangkan sebagian orang tua menuding game sebagai penyebab  nilai anak turun, anak tak mampu bersosialisasi, dan tindakan kekerasan yang dilakukan anak

# Chris Crawford
Game pada intinya adalah sebuah interaktif, aktivitas yang berpusat pada sebuah pencapaian, ada pelaku aktif, ada lawan anda.

# John Naisbitt
Game merupakan sistem partisipatoris dinamis karena game memiliki tingkat penceritaan yang tidak dimiliki film.

# Ivan C. Sibero
Game merupakan aplikasi yang paling banyak digunakan dan dinikmati para pengguna media elektronik saat ini.

# Menurut Greg Costikyan
Game adalah sebentuk karya seni di mana peserta, yang disebut Pemain, membuat keputusan untuk mengelola sumber daya yang dimilikinya melalui benda di dalam game demi mencapai tujuan.


Definisi GAME



DEFINISI
Pada kamus Bahasa Indonesia juga jika diartikan dalam Bahasa Inggris arti GAME itu sendiri adalah “Permainan.” Sebuah permainan adalah sebuah sistem dimana pemain terlibat dalam konflik buatan, permainan terdapat peraturan yang bertujuan untuk membatasi perilaku pemain dan menentukan permainan. Tujuan game adalah pastinya untuk menghibur pemainnya, selain itu game juga dapat meningkatkan konsentrasi & membantu memecahkan masalah dengan tepat & cepat.

SEJARAH
Pada tahun 1947 adalah tahun pertama di mana game didesain untuk dimainkan dengan layar CRT (cathode ray tube). Game sederhana ini dirancang oleh Thomas T. Goldsmith Jr. dan Estle Ray Mann. Aplikasi ini dipatenkan pada tanggal 14 Desember 1948. Sistem yang dibuatnya terdiri dari 8 vacum tubes dan mensimulasikan peluru ditembakkan pada target, ide ini berasal dari display radar pada Perang Dunia II.

Pada tahun 1952, A.S. Douglas membuat OXO, game grafis noughts and crosses atau nol dan silang, di University of Cambridge untuk mendemonstrasikan tesisnya tentang interaksi komputer dan manusia.

Tahun 1958 menciptakan game Tennis for Two pada osiloskop. Game ini menampilkan lapangan tenis sederhana dipandang dari samping.

Tahun 1972 dirilis perangkat video game pertama untuk pasar rumahan, Magnavox Odyssey, dihubungkan dengan televisi.

Pada awal tahun 1980-an ditandai oleh Nintendo, Kesuksesan LCD genggam ini menciptakan banyak pengikut untuk membuat yang sama dengan mengadopsi game-game popular, awal tahun 1980-an juga ditandai dengan hadirnya media penyimpan CD-ROM yang dalam waktu singkat menjadi populer.

KLASIFIKASI GAME

*  Board Games (Permainan Papan) Game pada katagori ini membutuhkan suatu papan  yang terbagi dalam sektor-sektor tertentu (dengan garis-garis) dan didalamnya terdapat sejumlah alat main yang dapat digerakkan, yang termasuk game dalam katagori ini adalah catur.

*  Card Games (Permainan Kartu) Game ini akan memanfaatkan simbol dari 52 kartu yang terbagi dalam dua faktor : suit (4 nilai) dan rank (13 nilai). Sejumlah ketentuan dibuat untuk mengatur bagaimana cara-cara untuk membuat kombinasi tersebut, yang termasuk game dalam katagori ini adalah permainan kartu bridge/truf.

*Athletic Games (Permainan Atletik) Permainan games jenis ini lebih cenderung pada penggunaan fisik. Peraturan game mewajibkan pemain untuk melakukan aksi tertentu. Kekuatan badan, kecepatan, ketepatan dan kerjasama menjadi bagian utama dari game atletik. Dan lain-lain

GENRE GAME


* First person shooter (sudut pandang orang pertama)

* Fighting (game ini menuntut pemainnya untuk lincah, cepat tanggap)
* Real time strategy (lebih menekankan pada kehebatan strategi pemainnya)
* Adventure (dituntut kemampuan berfikirnya untuk menganalisa sesuatu)
* Edutainment game (untuk tujuan mendidik atau mengenal sesuatu)

Sumber